Perbedaan Cincin Kawin dan Cincin Tunangan

Momen pernikahan, yang diawali dengan pertunangan, merupakan hal yang sakral bagi semua pasangan. Pasalnya hal ini hanya dilakukan sekali seumur hidup sehingga segala aspeknya dilakukan dengan cara terbaik. Demikian pula dengan memilih cincin kawin yang merupakan penanda pengikat hubungan antara dua manusia itu.

Biasanya pasangan muda yang akan mengikat janji akan memiliki dua jenis cincin dalam tahap tersebut. Selain cincin kawin, ada pula cincin tunangan. Ada yang membelinya ketika akan melamar kekasihnya namun ada pula yang membelinya bersama atas dasar kesepakatan.

Namun banyak pula yang bingung apa perbedaan diantara cincin kawin dan cincin tunangan itu sebenarnya. Hal ini sebenarnya wajar karena sebagian besar orang baru pertama kali mengalaminya. Namun daripada bingung dan malah jadi sumber pertengkaran, yuk simak ulasan dari Ajaib ini.

Cincin Kawin dan Cincin Tunangan, Sama tapi juga Berbeda

Cincin tunangan adalah tanda ikatan pria dan wanita yang telah menyatakan siap untuk ke jenjang yang lebih serius. Di pihak pria, pemberian cincin ini menjadi penanda dari seorang pria kepada keluarganya, bahwa ia telah siap secara finansial menikahi perempuan yang menjadi tunangannya.

Sementara dari pihak wanita, cincin tunangan ini menjadi simbol pengikat bahwa perempuan yang sudah menggunakannya sudah tidak lagi terbuka untuk pihak lain. Mengenakan cincin tunangan kerap jadi pertanda jika orang tersebut sudah off of market alias sudah tidak available lagi.

Beberapa mengenakannya untuk membatas diri maupun orang lain agar terhindari dari godaan. Bentuknya sendiri sangat beragam. Masyarakat barat misalnya cenderung hanya memiliki cincin tunangan untuk si wanita saja. Bentuknya sederhana dan yang pasti harus dengan batu mulia, khususnya berlian. Semakin besar karatnya biasanya menandakan semakin besar cinta dari si pria.

Sedangkan cincin kawin menjadi simbol ikatan pernikahan. Ini secara resmi menandakan kedua belah pihak telah sama-sama terikat dalam hubungan pernikahan. Cincin kawin biasanya merupakan komitmen pernikahan pasangan alias resmi dinyatakan sah secara hukum negara dan agama.

Cincin pernikahan dipakai oleh kedua mempelai. Bentuknya biasanya lebih sederhana agar tetap sesuai dipakai oleh pria maupun wanita. Umumnya, cincin kawin bentuknya serupa sebagai penanda kesepakatan hubungan tersebut.

Yang menjadi pembeda utama antara cincin kawin dengan cincin tunangan adalah tidak adanya berlian berukuran besar yang diletakkan di tengah-tengah cincin. Bentuk berlian biasanya lebih kecil, tidak menonjol, dan hanya bersifat sebagai pemanis. Menurut tradisi Barat, cincin pertunangan dipakai pada jari manis tangan kiri. Sedangkan cincin kawin dipakai dipakai di jari manis tangan kanan.

Selain itu, kamu juga perlu ketahui aneka bahan yang digunakan dalam cincin kawin dan tunangan, sehingga kamu tahu kualitas dari cincin yang akan digunakan. Dalam memilih dan menentukan cincin yang akan kamu gunakan, kamu juga harus mendalami dan mengetahui terlebih dahulu bahan apa yang digunakan serta efek samping yang terjadi jika memakainnya.

Cincin pertunangan kebanyakan menggunakan bahan baku emas dan titanium. Umumnya, cincin titanium merupakan unsur kimia yang dalam tabel periodik memiliki simbol T1 dengan nomer atom 22. Jenis titanium ini juga memiliki bahan kuat dan ringan, namun yang dijual dan digunakan di Indonesia sebagai cincin biasanya merupakan titanium aloy.

Namun untuk cincin kawin biasanya menggunakan emas. Emas yang sesuai standar internasional menggunakan emas 75 persen atau 18 karat. Cincin emas umumnya digunakan sebagai cincin kawin, karena nilai jualnya yang terus naik dan bagus sebagi investasi

Cincin Kawin dan Cincin Tunangan, Apa Perbedaannya?

Baik Anda menggunakan mahar berupa cincin kawin ataupun tidak, semua tergantung keyakinan dan niat masing-masing. Satu hal yang pasti, yaitu hal itu tidak mengurangi kesakralan pernikahan itu sendiri. Bagi Anda yang memutuskan untuk melakukan tukar cincin, maka Anda dapat memperoleh cincin kawin berkualitas hanya di Rumah Cincin Kawin. Hal ini dikarenakan Rumah Cincin Kawin adalah sebuah butik perhiasan di Indonesia yang dapat melakukan pembelian secara offline maupun online. Sebagai sebuah butik perhiasan ternama, tentunya Rumah Cincin Kawin menyediakan berbagai koleksi perhiasan yang bisa Anda intip pada gallery. Untuk informasi lebih lanjut, dapat Anda peroleh melalui website official Rumah Cincin Kawin di rumahcincinkawin.com.

Baca juga artikel ini

BIAYA UNTUK CINCIN PERNIKAHAN 

HAL HAL YANG HARUS DIKETAHUI MENGENAI CINCIN TUNANGAN

CARA AMPUH MERAWAT KILAUAN CINCIN EMAS

4 JENIS LOGAM YANG BAIK UNTUK PERHIASAN
Tag ,,,,,,,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.